Bisnis Berjualan Burger Hitam yang Menghasilkan

Gambaran Usaha Roti Burger
Bahan Pokok Usaha Makanan Burger
Bahan pokok burger adalah daging segar giling yang dibentuk bulat pipih dan roti kering. Daging merah yang dipakai harus berkualitas baik, tak ada lemak & masih fresh atau sudah beku (bila sudah dicetak).

Akhir-akhir ini banyak sekali pebisnis burger hitam yang mengganti dagingnya dengan berbagai kreasi, seperti halnya: daging ikan, daging ayam atau bahkan tahu untuk burger vegetarian. Anda bisa mencetak sendiri daging roti burger atau membeli di pasaran bila ingin instan.

Namun, perlu diingat bila membeli di pasaran seleksilah yang 100% daging murni, jangan campuran. Karena akhir-akhir ini banyak daging burger yang sudah dicampur dan malah menyerupai sosis tipis, kandungan gizinya pun semakin minim, begitu juga rasanya.

Roti yang dipakai untuk burger berbentuk bulat dan terbagi dua, Anda dapat memproduksinya sendiri ataupun membeli langsung dari produsen roti. Ambillah roti yang tebal akan tetapi tetap legit dan lembut, biasanya pengbisnis burger hitam tidak membuat sendiri roti burger.

Walau begitu bukan berarti Anda tidak boleh membuatnya sendiri terutama jika ingin memiliki keunikan bentuk & rasa roti burger. Anda dapat membuat roti makanan burger sendiri dengan mengkreasikan bentuk menjadi lebih menarik.

Tempat Bisnis Burger Hitam
Tempat bisnis burger hitam yang tepat biasanya ada di dekat minimarket, sekolah atau universitas. Anda juga bisa menjual burger di pusat keramaian, atau mall dan tempat di mana kaum muda sering berkumpul, sebab anak muda inilah tujuan pasar utama bisnis kecil roti burger.

Baca juga  Peluang Usaha Es Krim Campina
Perlengkapan Bisnis Burger Hitam
Perlengkapan bisnis yang mesti selalu ada di setiap bisnis adalah gerobak kayu atau Etalase, buatlah gerobak atau etalase kaca yang menarik, nyentrik & menunjukan khas usaha Anda.

Peralatan memasak, seperti halnya: kompor masak dan tabung gas, wajan alumunium anti lengket dan spatula, marina cooler & boxes pendingin kecil untuk menyimpan daging burger, varian wadah dan sarana lain.

Harga- Rp

-Gerobak kayu atau Etalase Kaca

2.000.000 – 2.500.000

-Kompas gas dan tabung masak

150.000 – 300.000

-Wajan masak anti lengket dan spatulanya

150.000 – 200.000

-Boks small pendingin

100.000 – 400.000

-Varian wadah dan peralatan lainnya

200.000 – 400.000

Pekerja
Anda bisa juga mengelola bisnis burger hitam ini kepada seorang karyawan bila Anda sibuk untuk turun langsung. Karena usaha roti ini cukup simple, tapi jika Anda akan terjun langsung Anda tak membutuhkan pegawai untuk membantu bisnis Anda.

Iklam Bisnis Burger Hitam
Pasanglah spanduk yang mudah dilihat di sekitar tempat usaha Anda, Anda dapat juga mempromosikan brosur kertas di sekitar lokasi usaha Anda. Resep Burger rahasia Anda yang nikmat juga merupakan promosi dari bibir ke bibir yang akan meningkatkan usaha Anda.

Harga Jual Burger
Harga mesti disesuaikan dengan tempat bisnis, untuk usaha di sekitar tempat sekolah, Anda dapat menjualnya antara Rp. 5.000– Rp. 7.000. Di depan minimarket antara 7 rb hingga 12 rb, dan untuk di pusat mall atau kantor kerja bisa Anda jual kisaran 10 rb hingga 15 rb

Resiko Bisnis Burger Hitam
Resiko bisnis burger hitam ialah kenaikan harga bahan pokok terutama daging segar, belanjalah daging baru langsung dari pemasok. Anda juga lebih baik memiliki lebih dari satu orang pemasok, demikian juga untuk roti burger.

Sumber : https://ramesia.com/bisnis-burger-hitam/

Menciptakan Inovasi Baru Bisnis Abon Jengkol

Bisnis rumahan abon jengkol sebenarnya tidak sepopuler abon daging. Namun rasa dan bau khusus yang enak dari abon jengkol membuat abon tersebut justru menyimpan kenikmatan tersendiri di bandingkan abon daging. Apalagi teksturnya yang lebih empuk memberi rasa special di lidah peminatnya.

Selain itu, abon jengkol menyimpan banyak nutrisi ikan yang jauh lebih menyakinkan dan sehat dibandingkan abon daging yang masih menyimpan banyak kolesterol dari daging sapi. Dan satu tambahan pentingnya ialah abon jengkol ini juga lebih enteng Anda jadikan bisnis rumahan.

Anda bisa membuka bisnis rumahan dengan menciptakan abon jengkol secara home industry dengan bermodal produk ikan yang paling mudah Anda akses di sekeliling Anda. Dengan fokus pada jenis ikan yang enteng Anda akses, maka mempermudah Anda membuat produk sesuai tujuan, karena Anda tidak lagi harus susah payah untuk mendapatkan bahan baku.

Ada banyak substitusi tipe ikan yang tepat untuk menjadi bahan baku abon, seperti ikan lele dan patin, ikan gurame, ikan gabus atau justru ikan laut seperti ikan tuna, tenggiri, kerapu atau tongkol. Berdasarkan para juru masakan, ikan yang bagus menjadi bahan baku abon jengkol ialah ikan yang sudah dewasa, karena dagingnya lebih liat sehingga seratnya masih terasa ketika Anda masak menjadi abon. Ikan kecil atau muda dagingnya sangat lembut dan bisa cair ketika Anda goreng menjadi abon.

Untuk proses produksi bisnis rumahan ini tergolong gampang. Jengkol dibersihkan dari kotoran, kemudian dikuliti dan dicampur dengan bumbu-bumbu. Setelah didiamkan selama 1 jam biar bumbu melekat, adonan jengkol yang sudah diolah sebelumnya Anda goreng sampai menguning dan harum, angkat sebelum menjadi coklat dan gosong. Jumlah untuk sekali adonan dibutuhkan waktu masak sekitar 2-3 jam saja, terbilang mudah dan cepat kan?

Sangat pas buat para ibu rumah tangga yang sudah ribet dengan tugas-tugas rumah tangga mereka. Menjalankan bisnis rumahan produksi abon jengkol ini sekedar menyita waktu yang tidak banyak, sehingga tidak akan banyak merubah alur kerja Anda sebagai ibu rumah tangga.

Baca juga  Cara Memulai Bisnis Air Kemasan
Bahkan untuk sebuah bisnis kelas menengah, Anda mampu menggerakkan usaha abon jengkol ini dari skala yang kecil terlebih dulu. Gunakan perlengkapan dapur yang Anda miliki dan belilah sekurangnya 5 kg ikan selaras dengan jenis yang akan Anda produksi secara biasa. Dari 5 kg jengkol segar, umumnya dapat memproduksi setidaknya kg abon jengkol matang siap jual. Kapasitas ini cukup layak untuk membuka sebuah bisnis rumahan skala kecil.

Lantas bagaimana bayangan peluang dari bisnis rumahan ini?
Anda bisa mensurvei sebagian penggarap bisnis serupa dari berbagai pelosok daerah. Di kota Bandung terdapat sebuah usaha bisnis abon jengkol. Dari kemampuan memproduksi skala kecil 3 -5 kg jengkol perhari, kini dalam satu hari pemiliknya mau tak mau harus cukup payah menyiapkan 35 kg jengkol.

Cerita seirama diungkapkan oleh seorang produsen usaha abon jengkol di Cilacap. Memanfaatkan bahan baku jengkol yang mudah diperoleh dari petani jengkol, dari persediaan dana hanya sekitar 4 juta untuk bahan baku dan peralatan termasuk wajan penggorengan, kompor gas dan alat spinning minyak goreng, sekarang setiap hari pemiliknya menceritakan dapat memiliki keuntungan tidak kurang dari 40 juta perhari dengan hasil bersih keuntungan sekitar 20 -30 %.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Adonan Onde-onde

Usaha Kemasan Produk

Cara Membuat Popcorn Butter