Cara Membuat Adonan Onde-onde

1. Cara Membuat Adonan Onde-onde padat (dough)
Tepung sebagai bahan utama biasanya dicampur air serta bahan lain seperti garam, ragi, telur, lemak sebelum diuleni menggunakan tangan atau mesin sehingga kalis (tidak lengket) dan mudah dibentuk, misalnya: Cara Membuat Adonan Onde-onde tortilla, pastry, spaghetti, roti, donat, pizza, berbagai varian kue kering, dan kulit berbagai jenis dimsum (siomai, lumpia, bakpao).

2. Cara Membuat Adonan Onde-onde encer (batter)
Tepung sebagai bahan utama biasanya tidak dicampur dengan air, tapi dicampur dengan telur, susu atau gula sebelum dicampur dengan mesin atau tangan hingga terbentuk Cara Membuat Adonan Onde-onde yang encer dan kental seperti cream, contohnya: Cara Membuat Adonan Onde-onde wafel, pudding, cake, bolu, panekuk, berbagai varian kue kering, berbagai varian roti, dan beraneka ragam gorengan.

Namun bila dilihat dari bahan-bahan serta cara pembuatannya, Cara Membuat Adonan Onde-onde dapat dibagi menjadi beberapa jenis:

1. Cara Membuat Adonan Onde-onde pasir
Cara Membuat Adonan Onde-onde pasir adalah Cara Membuat Adonan Onde-onde yang cara pembuatannya memakai dua buah pisau dapur yang dicincang halus hingga seperti butiran pasir dan diselesaikan dengan dibakar atau dioven. Cara Membuat Adonan Onde-onde pasir dibagi menjadi dua yaitu :

2. Cara Membuat Adonan Onde-onde pasir rasa manis
Cara Membuat Adonan Onde-onde sugar pastry menggunakan bahan dasar tepung gandum, margarin, gula halus, serta kuning telur.

Contoh: Bola nanas, putri salju, moka salju, Nastar dll.

a. Cara Membuat Adonan Onde-onde pasir rasa asin (Short pastry)

Cara Membuat Adonan Onde-onde pasir rasa asin menggunakan bahan dasar terigu, margarin, sedikit garam dapur serta kuning telur.

Baca juga  Cara Membuat Capcay Cah yang Menggugah Selera
Contoh: Kue krakeling asin, kastengel, bola keju dll.

b. Cara Membuat Adonan Onde-onde rebus

Cara Membuat Adonan Onde-onde rebus adalah Cara Membuat Adonan Onde-onde yang proses pembuatannya dengan cara direbus dan diselesaikan dengan cara direbus/dikukus, dioven dan digoreng.

Contohnya: Berbagai jenis kue sus, nagasari beras/hungkue, jenang, bubur manis/cendol.

3. Cara Membuat Adonan Onde-onde Lembaran
Cara Membuat Adonan Onde-onde lembaran ialah Cara Membuat Adonan Onde-onde yang proses pembuatannya dengan ditipiskan atau digiling hingga menyerupai lembaran dan dimatangkan dengan cara dioven atau digoreng.

Cara Membuat Adonan Onde-onde Lembaran dibagi menjadi 2 jenis:

a. Cara Membuat Adonan Onde-onde Pai (Pastei)

Cara Membuat Adonan Onde-onde Pie) menggunakan bahan dasar tepung gandum, margarin dingin, garam dan air yang dimatangkan dengan cara dioven dan berguna untuk kulit kue.

b. Cara Membuat Adonan Onde-onde Feuillete atau Bladerdeeg

Cara Membuat Adonan Onde-onde Bladerdeeg menggunakan bahan baku terigu, korsvet atau lemak padat serta air es sehingga menghasilkan kue yang berlapis-lapis yang diselesaikan dengan cara digoreng atau dioven.

Contohnya: Kue roomhorn, roti amandel, kue puff pastry, dll.

4. Cara Membuat Adonan Onde-onde goreng
Cara Membuat Adonan Onde-onde goreng ialah Cara Membuat Adonan Onde-onde yang dimatangkan dengan digoreng.

Cara Membuat Adonan Onde-onde goreng terbagi menjadi tiga jenis antara lain:

a. Cara Membuat Adonan Onde-onde goreng biasa

Cara Membuat Adonan Onde-onde ini menggunakan bahan baku tepung (tepung beras, terigu atau ketan) dan cairan (air santan atau air biasa).

Contohnya: Mendoan, rempeyek, keripik tempe, pisang goreng, dll.

b. Cara Membuat Adonan Onde-onde fritur

Cara Membuat Adonan Onde-onde fritur adalah Cara Membuat Adonan Onde-onde goreng yang membuatnya dengan didadar terlebih dahulu.

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-adonan-onde-onde/

Cara Membuat Adonan Olos

1. Cara Membuat Adonan Olos padat (dough)
Tepung sebagai bahan utama biasanya dicampur air dan bahan lain seperti garam, ragi, telur, lemak sebelum diuleni dengan mesin atau tangan sehingga kalis (tidak lengket di tangan) dan mudah dibentuk, misalnya: Cara Membuat Adonan Olos tortilla, pastry, spaghetti, roti, donat, pizza, berbagai jenis kue kering, dan kulit berbagai jenis dimsum (lumpia, bakpao, siomai).

2. Cara Membuat Adonan Olos encer (batter)
Tepung sebagai bahan utama biasanya tidak dicampur dengan air, tapi dicampur dengan telur, susu atau gula sebelum dicampur (dikocok) dengan tangan atau mesin hingga membentuk cairan yang encer, kental, atau seperti krim, misalnya: Cara Membuat Adonan Olos cake, bolu, panekuk, wafel, pudding, beberapa jenis kue kering, beberapa varian roti, dan beraneka ragam gorengan.

Namun jika ditinjau dari bahan-bahan serta pembuatannya, Cara Membuat Adonan Olos dapat dikategorikan dalam beberapa jenis:

1. Cara Membuat Adonan Olos pasir
Cara Membuat Adonan Olos pasir ialah Cara Membuat Adonan Olos yang cara membuatnya memakai dua buah pisau yang dipotong kecil-kecil hingga menyerupai pasir dan diselesaikan dengan cara dibakar/dioven. Cara Membuat Adonan Olos pasir dapat dibagi menjadi dua yaitu :

2. Cara Membuat Adonan Olos pasir rasa manis
Cara Membuat Adonan Olos sugar pastry menggunakan bahan utama terigu, margarin, gula halus, serta kuning telur.

Contoh: Nastar, bola nanas, putri salju, moka salju dll.

a. Cara Membuat Adonan Olos pasir rasa asin

Cara Membuat Adonan Olos short pastry menggunakan bahan utama tepung terigu, mentega, sedikit garam serta kuning telur.

Baca juga  Cara Membuat Capcay Brokoli yang Lezat
Contoh: Kue krakeling asin, kastengel, bola keju dll.

b. Cara Membuat Adonan Olos rebus

Cara Membuat Adonan Olos rebus ialah Cara Membuat Adonan Olos yang cara membuatnya dengan direbus dan dimatangkan dengan cara direbus/dikukus, dioven dan digoreng.

Contohnya: Berbagai jenis kue sus, Bubur manis/cendol, nagasari beras/hungkue, jenang.

3. Cara Membuat Adonan Olos Lembaran
Cara Membuat Adonan Olos lembaran adalah Cara Membuat Adonan Olos yang proses pembuatannya dengan ditipiskan atau digiling sampai menyerupai lembaran dan diselesaikan dengan cara digoreng atau dioven.

Cara Membuat Adonan Olos Lembaran dibagi menjadi 2 macam:

a. Cara Membuat Adonan Olos (Pie)

Cara Membuat Adonan Olos Pie) menggunakan bahan dasar tepung terigu, margarin dingin, air dan garam yang dimatangkan dengan dioven dan berguna sebagai kulit kue.

b. Cara Membuat Adonan Olos Feuillete/Bladerdeeg

Cara Membuat Adonan Olos ini menggunakan bahan dasar tepung terigu, korsvet atau lemak padat serta air es sehingga akan menghasilkan kue yang berlapis-lapis yang dimatangkan dengan cara dioven atau digoreng.

Contoh: Kue roomhorn, roti amandel, kue puff pastry, dll.

4. Cara Membuat Adonan Olos goreng
Cara Membuat Adonan Olos goreng adalah Cara Membuat Adonan Olos yang diselesaikan dengan cara digoreng.

Cara Membuat Adonan Olos goreng ada tiga macam yaitu:

a. Cara Membuat Adonan Olos goreng biasa

Cara Membuat Adonan Olos goreng biasa menggunakan bahan dasar tepung (tepung beras, terigu atau ketan) dan cairan (air santan atau air biasa).

Contoh: Keripik tempe, pisang goreng, mendoan, rempeyek, dll.

b. Cara Membuat Adonan Olos fritur

Cara Membuat Adonan Olos fritur ialah Cara Membuat Adonan Olos goreng yang pembuatannya didadar terlebih dahulu.

Contoh: berbagai macam risoles atau lumpia.

c. Cara Membuat Adonan Olos beignet

Cara Membuat Adonan Olos beignet ialah Cara Membuat Adonan Olos yang menggunakan bahan baku tepung terigu, telur, dan susu. Bentuk Cara Membuat Adonan Olos beignet sedikit kental dan umumnya digunakan sebagai Cara Membuat Adonan Olos untuk menggoreng berbagai macam seperti pisang, nangka, apel dan nanas.

5. Cara Membuat Adonan Olos bolu
Cara Membuat Adonan Olos bolu adalah Cara Membuat Adonan Olos yang cara membuatnya dengan dimixer atau dikocok dan dimatangkan dengan cara dioven atau dikukus.

Baca juga  Memulai Usaha Pembuatan Roti Kering Skala Kecil
Cara Membuat Adonan Olos bolu ada empat macam yaitu:

a. Cara Membuat Adonan Olos bolu biasa

Cara Membuat Adonan Olos bolu biasa ialah Cara Membuat Adonan Olos yang tidak menggunakan bahan yang mengandung lemak margarin/mentega) atau menggunakan sedikit lemak

sehingga menghasilkan kue bolu yang teksturnya agak kasar (pori-pori kue terlihat besar).

b. Cara Membuat Adonan Olos bolu cake

Cara Membuat Adonan Olos bolu cake menggunakan bahan dasar tepung, telur, lemak dan gula dengan berat yang sama dan dimatangkan dengan cara dikukus atau dioven.

Ciri-ciri bolu cake yang bagus ialah mengembang, lunak, permukaan rata, teksturnya halus (pori-pori kecil), kulit tipis, dan berwarna agak kecoklatan.

Contoh: Roll cake, lapis legit, cake mandarin, cake salju, dll.

c. Cara Membuat Adonan Olos bolu moskovis

Cara Membuat Adonan Olos bolu moskovis adalah Cara Membuat Adonan Olos bolu yang cara membuatnya menggunakan lemak (mentega/margarin) yang didinginkan dahulu dengan es dan diselesaikan dengan oven. Bolu moscovis teksturnya lebih lembut dan halus (pori-pori kue sangat kecil) jika dibandingkan Cara Membuat Adonan Olos bolu cake.

Contohnya: Berbagai macam kue tart, kue tulban.

d. Cara Membuat Adonan Olos chiffon cake

Cara Membuat Adonan Olos chiffon cake ialah Cara Membuat Adonan Olos yang bahan baku lemaknya tidak menggunakan margarin/mentega, tetapi menggunakan santan/minyak. Selain itu menggunakan bahan khusus misalnya cream of tartar.

6. Cara Membuat Adonan Olos Roti/Ragi
Cara Membuat Adonan Olos ragi ialah Cara Membuat Adonan Olos yang proses pembuatannya membutuhkan pengembang seperti fermipan, gist atau ragi.

Cara Membuat Adonan Olos ragi dibedakan menjadi tiga macam yaitu:

Cara Membuat Adonan Olos roti cair untuk membuat macam-macam kue poffertjes, apem, terang bulan, dll.
Cara Membuat Adonan Olos ragi lembek untuk membuat kue bolang-baling, cakwe, olibol, ollehalen, bitterballen, dll.
Cara Membuat Adonan Olos roti padat untuk membuat bermacam-macam roti seperti roti isi, donat, bakpao, roti tawar, dll.

Comments

Popular posts from this blog

Usaha Kemasan Produk

Cara Membuat Popcorn Butter