Cara Mudah Membuat Waffle Es Krim

Waffle ialah makanan yang sudah sangat populer di benua Eropa dan sekitarnya, yang mana saat ini sudah mulai merambah ke daerah kita, hal tersebut nampak dari banyaknya penjualan waffle di pinggir jalan dan rumah makan. Jenis waffle yang paling terkenal adalah kue waffle yang berasal dari negara Belgia yang memiliki nama yang berbeda-beda, seperti waffle pandan, blue waffle, dan lain sebagainya.

Waffle merupakan kue yang berasal dari Belgia dan memiliki motif kotak-kotak seperti wafer. Waffle memang bukan merupakan makanan asli Indonesia, namun masakan ini sudah banyak dijumpai di cafe yang terdapat di tanah air.
Saat proses pembuatan roti waffle terkadang yang sukar untuk anda lakukan yaitu mencari cetakan khusus waffle yang mempunyai karakteristik berbeda dengan cetakan kue lainnya. Namun untuk pembentukan adonan waffle sangat gampang dibuat, anda mampu dengan mudah untuk membentuknya.

Roti waffle sangat cocok dihidangkan untuk makan pagi, biasanya roti waffle dihidangkan dengan topping strawberry, coklat atau lainnya sesuai selera, roti waffle juga bisa disandingkan bersama kopi. Ada juga beberapa orang yang lebih memilih menikmati waffle sebagai dessert.

Namun apakah anda sudah mengetahui bahwa roti waffle mempunyai beraneka macam jenis?
Inilah 6 jenis roti waffle yang paling terkenal di dunia :

1. Jenis-jenis roti waffle
Berikut ini merupakan beberapa varian waffle yang biasa kita dapati di sekeliling kita. Inilah keterangannya:
a. American Waffles
Ini adalah jenis roti waffle yang dihidangkan di All Good. Waffle Amerika semakin lezat jika disiram dengan berbagai topping di atasnya, seperti:f krim, sirup, dan es krim.

Biasanya American Waffles mempunyai tekstur yang lebih tipis dengan volume yang padat. Walau mempunyai isi, roti waffle Amerika tetap mudah dipotong seperti kue pancake.

b. Waffle Belgia
Belgian Waffles biasanya mempunyai berat yang ringan dilengkapi tekstur yang agak garing. Waffle Belgia memiliki bentuk yang unik yaitu persegi panjang.

Sesungguhnya bila melihat dari sejarahnya, Pada dasarnya Waffle Belgia hanya dicampur gula saja tanpa campuran topping lainnya. Penambahan topping pada jenis waffle Belgia ini dapat dibilang sudah mengkontaminasi keasliannya.

Baca juga  Bisnis Usaha Es Tebu yang Mudah dan Menjanjikan
c. The Liège waffles
Bahan The Liège waffles diambil dari adonan kue Brrioche yang memiliki cita rasa manis. Itulah yang menyebabkan waffle ini terasa padat dan manis di lidah.

d. Hong Kong waffles
Di negara Hong Kong, waffle biasanya dijajakan oleh pedagang keliling. Masyarakat di sana dapat menyantapnya selagi kondisi hangat.

Hong Kong Waffles mempunyai bentuk bulat-bulat seperti kue cubit. Pedagang waffle di negara ini biasanya mengoleskan mentega, kacang, cokelat, atau gula di satu sisi waffle kemudian barulah dilipat menjadi satu.

e. Scandinavian waffles
Waffle Scandinavia dicetak tipis setelah itu dibentuk seperti bentuk hati. Biasanya di atas Scandinavian waffle diberi gula, buah stoberi, selai, dan buah-buahan.

f. Stroopwafels
Waffle berlatar belakang negara kincir Belanda ini merupakan kue waffle tipis ditambahkan dengan manisan sirup di dalamnya. Komposisi adonannya terbuat dari tepung, mentega, gula merah, ragi, susu, dan telur.

Stroopwafels ialah waffle yang dipotong menjadi dua bagian yang sama ketika masih di dalam proses dipanggang. Kemudian waffle ditaburi dengan gula merah, sirup, mentega, dan kayu manis sebagai perekat pada kedua bagian waffle.

2. Campuran Bahan yang Diperlukan untuk Membuat Waffle
Cara membuat waffle es krim yang akan kami paparkan berikut merupakan teknik yang tidak banyak berbeda dengan teknik belgian waffles yang sudah sangat dikenal, sehingga membuat waffle es krim ini menjadi cukup renyah dan garing.
Untuk menghasilkan waffle yang enak dan bergizi anda membutuhkan setidaknya bahan-bahan berikut ini :

a. 1/4 kg tepung terigu.
b. 50 gram margarin yang dicairkan terlebih dulu.
c. Dua gelas susu cair.
d. ½ sdt garam halus.
e. 3 butir kuning telur ayam.
f. 3 putih telur ayam.
g. Dua sendok gula pasir putih.
h. Empat sdt baking powder siap saji.
i. Kemudian vanila powder, sesuai kebutuhan.

3. Langkah-langkah Membuat Roti Waffle Spesial Renyah Garing.

a. Siapkan dua wadah yang berlainan untuk tempat mencampurkan bahan adonan, masukan tepung terigu, gula halus,garam, bubuk vanila, dan baking powder di wadah awal, kemudian aduk hingga tercampur rata.
b. Berikutnya masukan margarin yang sudah dicairkan, kuning telur dan susu cair, kemudian aduk sampai merata.
c. Setelah itu larutkan adonan cair pada wadah kedua ke wadah pertama, lalu aduk hingga semua bahan tercampur secara rata.
d. Kemudian masukan putih telur ke dalam mesin mixer sampai warnanya berubah menjadi putih seperti warna busa sabun.
e. Pindahkan hasil mixeran putih telur kedalam wadah 1, lalu aduk lagi hingga tercampur rata.
f. Panaskan loyang waffle sembari mengolesi semua permukaan loyang dengan margarin.
g. Tuangkan adonan waffle seperlunya, usahakan semua permukaan loyang tertutup dengan adonan kemudian tutup dalam keadaan rapat.
h. Kemudian tunggu sampai waffle matang, angkat lalu hiasi setiap bagian palingatas dengan beraneka jenis toping sesuai dengan selera anda.
i. Kemudian waffle lezat gurih siap untuk anda sajikan.
j. Biarkan adonan hingga mengembang supaya nantinya tersaji waffle yang lezat dan bergizi.
k. Terakhir taburkan madu, sirup mafel, es krim, selai strowberry, dan lainsebagainya sesuai dengan selera anda.
Selamat membuat waffle es krim yang lezat dan semoga sukses.

Sumber : https://ramesia.com/cara-buat-waffle-es-krim/

Peluang Bisnis Roti Bakar Unik


Membangun bisnis pembuatan roti dengan skala kecil bisa menjadi pilihan bagi Anda yang sedang mencari usaha yang profitabel. Bisnis rumahan seperti ini termasuk kedalam kategori home industri yang tidak membutuhkan modal terlalu besar dan bisa dijalankan pada lokasi dengan space terbatas cukup dengan menggunakan dapur ataupun garasi rumah usaha ini sudah dapat dijalankan mengingat alat-alat berupa mesin yang digunakannya tidak berukuran besar.

Bisnis roti bakar unik rumahan seperti ini juga bisa dijalankan diberbagai lokasi karena target pasarnya yang cukup luas tentunya pembaca semua pasti pernah memperhatikan di toko pinggir jalan roti macam ini dijual dengan berbagai macam rasa seperti coklat, susu, moca dan lain lain. Roti dijajakan dengan harga bermacam-macam mulai dari 1000 hingga 10 ribuan tergantung ukuran dan jenisnya.

Itu merupakan hasil dari produk bisnis roti bakar unik kelas rumahan ini, rata-rata penjual memasarkan rotinya dengan sistim titip ke warung, setiap hari akan ada petugas bagian datang untuk mengontrol jumlah roti yang laku terjual pada hari sebelumnya bersamaan dengan itu mereka juga mengisi kembali jika stok roti di kiosnya mulai berkurang.

Cakupan pemasarannya tergantung dari skala besarnya bisnis pembuatan roti yang dikerjakan, jika kemampuan produksi rotinya masih terbatas biasanya jangkauan penjualannya cuma disekitar tempat produksinya, kendaraan yang digunakan untuk berjualan pun cukup menggunakan kendaraan roda dua seperti sepeda motor atau sepeda.

Sementara untuk usaha pembuatan roti rumahan yang sudah berskala cukup besar, lingkup pemasaran mereka biasanya lebih luas karena kemampuan produksi rotinya pun lebih besar, armada yang digunakan untuk pemasaran biasanya dapat berupa kendaraan roda empat, usaha pembuatan roti dengan skala seperti ini bahkan pemasarannya sudah mampu mencapai luar kota.

Cara Memulai Usaha Roti Bakar Unik Rumahan
Tertarik dengan model bisnis semacam ini? Paling awal yang harus Anda persiapkan adalah kemampuan atau keterampilan untuk membuatnya baik itu dimiliki sendiri ataupun dengan merekrut orang yang kompeten dibidang pembuatan roti.

Kemudian juga mesti disediakan berbagai jenis alat penunjang berupa mesin dan peralatan produksi lainnya, dalam penyediaan mesin inilah yang paling menghabiskan banyak modal usaha karena harga dari tiap mesinnya agak tinggi, diantaranya yang umum digunakan adalah:

Baca juga  Bagaimana Cara Membuat Adonan Aci Goreng yang Nikmat dan Harum?
Mixer, yang berguna untuk membentuk adonan utama pembuatan roti.

Mesin Proofer atau biasa disebut lemari pengembang roti, digunakan untuk mempercepat proses pemekaran adonan roti sebelum masuk oven.

Dough Divider, atau biasa disebut mesin pembagi adonan. Fungsinya adalah untuk membentuk dan memecah adonan roti supaya ukurannya sama rata.

Oven, berfungsi untuk memanggang sebagai langkah terakhir dalam pembuatan roti bakar unik.

Berbagai alat penunjang lain juga diperlukan, seperti loyang, pemotong, cetakan roti dan lain sebagainya. Harga dari setiap mesin di atas berbeda tergantung dari jenisnya, sebagai perkiraan harganya sekitar 6 jutaan sampai 15 jutaan. Sehingga kalau Anda ingin secara lengkap memiliki semua mesin produksi roti ini, dana yang harus dipersiapkan sekitar 30 hingga 50 jutaan.

Lumayan besar memang modal yang diperlukan, namun jangan dahulu bersedih jika modal usaha pembuatan roti rumahan Anda belum sampai angka di atas. Contoh yang kami informasikan di atas cuma sebagai gambaran biaya yang diperlukan untuk membeli mesin pembuatan roti bakar unik yang bagus.

Comments

Popular posts from this blog

Usaha Kemasan Produk

Cara Membuat Adonan Onde-onde

Cara Membuat Popcorn Butter