Rahasia Cara Membuat Sari Buah Tomat

Buah adalah bahan pangan sumber vitamin. Disamping rasa buahnya enak dikonsumsi, biasanya daunnya juga bisa digunakan untuk segala keperluan. Misalnya daun pisang bisa untuk makanan hewan ternak, daun pepaya bisa untuk melunakan daging serta melancarkan air susu ibu terlebih daun pepaya jantan.

Warna pada buah cepat sekali berubah disebabkan dampak panas matahari dan ketika pemotongan, serta akibat pengaruh biologis (jamur) sehingga buah cepat menjadi busuk. Maka dari itu penanganan buah untuk memperpanjang waktu simpannya sangat penting.

Buah bisa dibuat menjadi berbagai bentuk minuman semisal anggur, sari buah dan sirup juga makanan lain seperti manisan, dodol, keripik, dan selai.
Sari buah merupakan cairan yang diperoleh dari penghancuran buah segar yang telah masak. Pada dasarnya sari buah terdapat dua macam, yaitu :

Sari buah encer cair yang bisa langsung dikonsumsi, yaitu cairan buah yang didapat dari pengepresan daging buah, lalu diteruskan dengan tambahan air dan gula pasir.
Sari buah pekat atau Sirup, yaitu cairan yang dihasilkan dari pemerasan buah dan diteruskan dengan proses pemekatan, bisa dengan proses pendidihan biasa maupun menggunakan cara lain seperti penguapan dan lainya.
Sirup ini tidak langsung dikonsumsi, namun harus diencerkan dulu dengan air putih. Buah-buahan yang kerap diolah menjadi sari buah maupun sirup yaitu : asam, jahe , nangka, markisa, kueni, tomat, wortel, sirsak, mangga, jambu biji, pisang, pala hampir semua jenis jeruk, dan lain sebagainya. Sari buah ataupun sirup buah bisa tahan selama kurang lebih tiga bulan.

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-sari-buah-tomat/
https://ramesia.com/

Bagaimana Cara Membuat Adonan Leker yang Legit dan Manis?

Salah satu usaha yang akan terus meningkat dan banyak dilirik ialah usaha di sektor kuliner. Sebab makanan serta minuman merupakan kebutuhan pokok semua orang yang dibutuhkan setiap harinya. Jadi tidak heran kalau di berbagai kota wisata terdapat banyak sekali cafe, restaurant, warung tenda atau yang sejenisnya.

Untuk menggeluti usaha di bidang kuliner tentu tidak lepas dari adonan. Adonan merupakan hasil percampuran bahan-bahan sebelum diolah dengan berbagai cara seperti digoreng, dipanggang, dikukus atau didinginkan di kulkas.

Bila dilihat dari komposisi resepnya, adonan dapat dibagi menjadi 2 kategori:

Contents [hide]

1 1. Adonan padat (dough)
2 2. Adonan encer (batter)
3 1. Adonan pasir
4 2. Adonan rebus
5 3. Adonan Lembaran
6 4. Adonan goreng
7 5. Adonan bolu
8 6. Adonan Ragi/roti/bread
1. Adonan padat (dough)
Bahan utama adonan padat adalah tepung yang dicampur air serta bahan lain seperti garam, ragi, telur, lemak sebelum diuleni dengan mesin atau tangan sehingga kalis (tidak lengket) dan mudah dibentuk, misalnya: adonan tortilla, pastry, spaghetti, roti, donat, pizza, berbagai varian kue kering, dan kulit untuk berbagai varian dimsum (bakpao, siomai, lumpia).

2. Adonan encer (batter)
Tepung sebagai bahan utama biasanya tidak dicampur air, tapi dicampur dengan telur, susu atau gula sebelum dicampur menggunakan mesin atau tangan hingga terbentuk cairan yang encer dan kental seperti krim, misalnya: adonan pudding, cake, bolu, panekuk, wafel, berbagai jenis kue kering, beberapa jenis roti, dan berbagai jenis gorengan.

Namun jika dilihat dari bahan-bahan serta pembuatannya, adonan dapat dibagi menjadi beberapa jenis:

1. Adonan pasir
Adonan pasir ialah adonan yang cara membuatnya menggunakan 2 buah pisau yang dicincang halus hingga seperti butiran pasir dan diselesaikan dengan cara dibakar/dioven. Adonan pasir dibagi menjadi dua jenis antara lain :

Baca juga  Cara Sukses Menjalanka Bisnis Snack Kemasan
a. Adonan pasir rasa manis (Sugar pastry)
Adonan pasir rasa manis menggunakan bahan dasar tepung gandum, mentega, gula pasir, dan kuning telur.

Contoh: Nastar, bola nanas, putri salju, moka salju dll.

b. Adonan pasir rasa asin
Adonan pasir rasa asin menggunakan bahan dasar tepung terigu, mentega, sedikit garam dan kuning telur.

Contoh: Bola keju, kue krakeling asin, kastengel dll.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Adonan Onde-onde

Usaha Kemasan Produk

Cara Membuat Popcorn Butter