Cara Mudah Membuat Crepes dengan Teflon

Crepes merupakan salah satu macam kudapan yang sangat digemari banyak orang. Bentuknya yang tipis dan renyah serta memiliki beragam varian isi dan toping membuatnya diminati oleh semua orang.

Crepes ini sendiri merupakan jajanan yang asalnya dari benua Eropa namun sudah tersebar ke berbagai penjuru dunia. Jika dilihat dari segi bahasa, nama crepes berarti meringkuk, yang diambil dari bahasa Perancis, crispa. Bila dilihat sekilas, bentuk kue crepes ini memang seperti meringkuk karena ketika disajikan, adonan kue crepes ini sudah dilipat-lipat terlebih dahulu.

Jenis Kue Crepes
Sejak awal kemunculannya sampai saat ini, crepes bisa dikategorikan menjadi 2 macam. Jenis yang pertama yaitu crepes manis (crepe sucree). Seperti namanya, kue crepes menggunakan pelengkap bahan-bahan yang memiliki rasa manis.

Adapun bahan tambahan yang kerap digunakan untuk crepes manis adalah selai, pisang, coklat, potongan buah, es krim, sirup, gula, dan masih banyak lagi. Lantaran rasanya manis, kue crepes manis sangat digemari oleh kalangan anak-anak.

Sedangkan untuk macam kue crepes kedua adalah crepes asin/gurih atau biasa disebut crepe salee. Seperti namanya, kue satu ini memiliki rasa yang lebih gurih atau asin. Rasa gurihnya bersumber dari bahan tambahan seperti bayam, telur, keju, jamur dan masih banyak lagi.

Kue Cepres manis biasanya disajikan sebagai pencuci mulut atau hidangan penutup (dessert), sedangkan untuk kue crepes asin sebagai sajian hidangan pembuka. Crepes manis sendiri seringnya dibuat dengan bahan utama tepung terigu, sedangkan crepes asin dibuat dengan tepung buckwheat.

Sebagai salah satu jajanan yang begitu populer dan digemari oleh berbagai kalangan baik tua maupun muda, tidak heran jika kita dapat menjumpai pedagang kue crepes di berbagai sudut kota. Akan tetapi, Anda tak perlu membeli kue ini jika hanya untuk bisa menikmati renyahnya crepes.

Anda dapat membuatnya sendiri di dapur Anda dengan mengikuti tutorial cara membuat kue crepes yang akan disajikan berikut ini. Bahan-bahan yang diperlukan amat mudah diperoleh dan peralatan yang digunakan juga pastinya sudah ada di dapur Anda.

Baca juga  Cara-cara Membuat Roti untuk Hotdog yang Enak
Bahan-bahan Untuk Membuat Kue Crepes
100 gram tepung terigu berprotein sedang
150 mili liter susu cair. Anda dapat menggunakan susu sapi cair atau dapat juga menggunakan susu bubuk yang telah Anda cairkan, sesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan bahan-bahan yang ada di rumah Anda.
1 butir telur.
Mentega secukupnya (kira-kira 1 sdm saja). Mentega yang ada dicairkan terlebih dahulu lalu disisihkan.
½ sdt baking powder.
Bahan Isi Crepes
Bahan yang digunakan untuk membuat crepes dapat Anda sesuaikan dengan selera Anda misalnya pisang yang sudah dipotong kecil-kecil, keju, choco chip, meses, susu, selai coklat atau bahan-bahan lain yang bisa digunakan untuk toping secara terpisah atau dicampurkan agar mendapatkan rasa yang lebih lezat.

Cara Membuat Crepes
Kocok susu dan telur yang ada dengan memakai whisker sampai campurannya rata dan terlihat berbusa. Pastikan untuk mengocok sampai adonannya terlihat berbusa untuk membuat adonan kue crepes tetap kenyal.
Tuangkan tepung terigu sedikit demi sedikit. Ada baiknya Anda memasukkan tepung terigu sembari diayak agar tepungnya jatuh secara merata dan membuat proses pengadonan menjadi mudah. Aduk terus hingga rata.
Tuangkan baking powder ke dalam adonan tadi lalu aduk lagi hingga merata.
Tuangkan margarin yang sudah dilelehkan sebelumnya, aduk lagi hingga merata.
Siapkan periuk yang akan digunakan untuk membuat kue crepes. Anda bisa menggunakan wajan martabak atau wajan teflon yang sudah ada. Panaskan wajan tersebut terlebih dahulu.
Jika wajannya sudah panas, angkat dulu dari perapian, lalu masukkan 1 sendok sayur adonan crepes, putar wajan hingga adonannya rata dan tipis.
Kemudian taruh kembali wajan di atas kompor. perlu diperhatikan untuk memasak kue crepes dengan menggunakan api kecil agar adonan crepes tidak gosong.
Sementara adonan masih dipanaskan, letakkan bahan isian di atasnya misalnya potongan pisang kemudian diberi keju parut dan meses.
Sesudah itu lipat crepes menjadi dua bagian, kemudian lipat sekali lagi sampai membentuk segi tiga.
Angkat dan sajikan.

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-crepes-dengan-teflon/

Begini Cara Membuat Crepes Agar Crispy dan Lezat


Crepes ialah salah satu jenis kudapan yang amat diminati oleh banyak orang. bentuk kuenya yang tipis dan renyah serta memiliki berbagai macam varian toping dan isi membuatnya digemari oleh semua orang.

Crepes ini sendiri merupakan kudapan yang berasal dari Eropa namun telah tersebar ke seluruh negara di dunia. Bila dilihat dari segi bahasa, nama crepes bermakna meringkuk, yang diambil dari bahasa Perancis, crispa. Bila dilihat selintas, bentuk kue crepes ini memang seperti meringkuk karena ketika dihidangkan, adonan crepes ini sudah dilipat-lipat terlebih dahulu.

Macam-macam Kue Crepes
Dari awal kemunculannya sampai saat ini, kue crepes bisa dibagi menjadi 2 jenis yang berbeda. Jenis yang pertama ialah crepes manis (crepe sucree). Sesuai dengan namanya, kue ini menggunakan tambahan bahan-bahan yang mempunyai rasa manis.

Adapun bahan tambahan yang sering digunakan sebagai tambahan pada crepes manis antara lain seperti es krim, sirup, gula, selai, pisang, coklat, potongan buah, dan masih banyak lagi. Lantaran rasanya manis, crepes jenis ini sangat digemari oleh kalangan anak-anak.

Sedangkan untuk macam crepes kedua ialah crepes asin/gurih atau biasa disebut crepe salee. Sesuai namanya, kue satu ini mempunyai rasa yang lebih gurih atau asin. Rasa gurihnya berasal dari bahan-bahan seperti keju, jamur, bayam, telur dan masih banyak lagi.

Crepes manis biasanya disajikan sebagai hidangan penutup atau pencuci mulut (dessert), sedangkan untuk kue crepes asin sebagai sajian hidangan pertama kalinya. Kue Crepes manis sendiri biasanya dibuat menggunakan bahan utama tepung gandum, sedangkan crepes asin dibuat dengan tepung Sarasin.

Sebagai salah satu penganan yang begitu populer dan disukai oleh orang dewasa maupun anak-anak, tidak heran bila kita dapat menemukan pedagang kue crepes di berbagai sudut kota. Namun, Anda tidak perlu membeli kue ini kalau hanya untuk bisa menikmati lezatnya crepes.

Anda bisa membuatnya sendiri di rumah Anda dengan mengikuti tutorial cara membuat kue crepes yang akan disajikan berikut ini. Bahan-bahan yang dibutuhkan amat mudah diperoleh dan alat-alat yang digunakan juga pastinya sudah tersedia di dapur Anda.

Baca juga  Bisnis Mie Ayam Pangsit Merupakan Peluang Usaha yang Sangat Menguntungkan
Bahan-bahan Pembuatan Crepes Crispy
100 gram tepung gandum berprotein sedang
150 mili liter susu cair. Anda bisa mempergunakan susu sapi cair atau bisa juga memakai susu bubuk yang telah dicairkan,
Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan bahan-bahan yang ada di dapur Anda.
1 butir telur.
Mentega secukupnya (kira-kira 1 sdm saja). Margarin yang ada dicairkan dahulu kemudian disisihkan.
setengah sdt baking powder.
Bahan Isi Crepes
Bahan yang dipergunakan dalam resep kue crepes dapat Anda sesuaikan dengan selera Anda misalnya saja pisang yang telah dipotong kecil-kecil, choco chip, meses, susu, selai coklat, keju atau bahan-bahan lain yang dapat dipergunakan untuk isian secara terpisah atau dicampurkan untuk mendapatkan rasa yang lebih lezat.

Cara Membuat Kue Crepes
Kocok telur dan susu yang ada dengan menggunakan whisker sampai campurannya rata dan terlihat berbusa. Usahakan untuk mengocok sampai adonannya terlihat berbusa untuk membuat adonan kue crepes tetap kenyal.
Tuangkan tepung terigu sedikit demi sedikit. Ada baiknya Anda memasukkan tepung gandum sambal diayak supaya tepungnya jatuh secara merata dan membuat proses pencampuran menjadi lebih mudah. Aduk terus sampai merata.
Tuangkan baking powder ke dalam campuran tadi lalu aduk lagi sampai merata.
Masukkan mentega yang telah dicairkan sebelumnya, aduk lagi hingga merata.
Siapkan periuk yang akan dipergunakan untuk membuat crepes. Anda bisa mempergunakan wajan martabak atau wajan anti lengket yang sudah ada. Panaskan wajan tersebut terlebih dahulu.
Setelah wajannya panas, angkat terlebuh dahulu dari perapian, lalu masukkan 1 sendok sayur adonan crepes, putar wajan sampai adonannya merata dan cukup tipis.
Kemudian letakkan kembali wajan di atas kompor. Ingatlah untuk memasak kue crepes dengan menggunakan api kecil supaya adonan kue crepes tidak gosong.
Sementara adonan masih dipanaskan, letakkan bahan isian di atasnya misalnya irisan buah pisang kemudian ditaburi meses dan keju parut.
Setelah itu lipat crepes menjadi dua, kemudian dilipat sekali lagi hingga membentuk segi tiga.
Angkat dan sajikan kue crepes untuk keluarga tercinta.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Adonan Onde-onde

Usaha Kemasan Produk

Cara Membuat Popcorn Butter